OPINI – gemapantura.com. Bahan Bakar  adalah sumberdaya yang dibutuhkan untuk menciptakan tenaga agar dapat menghidupkan mesin. Bahan Bakar merupakan kebutuhan sangat vital bagi manusia, tanpa bahan bakar keberlangsungan hidup manusia akan terhenti. Bahan bakar memiliki peranan penting menopang keberlangsungan hidup manusia. Bahan bakar diperoleh dari sumberdaya alam, contoh bahan bakar yang dibutuhkan manusia adalah bahan bakar untuk memasak, sekarang ini bahan bakar yang digunakan manusia untuk memasak didapatkan dari sumberdaya alam  yang berbentuk gas alam. Gas alam dapat digunakan salahsatunya sebagai bahan bakar menghidupkan kompor gas untuk memasak, yang sebelumnya masyarakat menggunakan minyak tanah sebagai bahan bakar yang digunakan pada kompor minyak untuk memasak.

Dari sekian sumberdaya energi yang telah/sedang digunakan manusia untuk kegiatan memasak semuanya menggunakan sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui atau sumber daya alam yang apabila sudah habis, alam tidak dapat menyediakannya lagi dan manusia tidak dapat menciptakannya. Bahan bakar yang mengandalkan sumberdaya alam yang tidak dapat diperbaharui sangat tergantung pada stok yang terdapat pada alam sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia jika gas alam di bumi habis tetapi manusia belum memiliki sumberdaya pengganti lainnya yang digunakan untuk bahan bakar memasak. Untuk itu diperlukan terobosan baru yang menyasar pada bahan bakar alternatif yang dapat digunakan manusia untuk memasak yang tidak tergantung keberadaanya di alam tetapi manusia dapat memproduksi agar stok bahan bakar dapat terjamin keberadaannya sampai kapanpun.

Bahan bakar alternatif untuk memasak ternyata  bisa menggunakan minyak jelantah yang merupakan limbah yang dihasilkan setelah kegiatan memasak. Ada pilihan bagi masyarakat dalam menyikapi limbah minyak jelantah yaitu membuangnya atau digunakan lagi untuk memasak. Minyak jelantah memiliki kandungan yang tidak dapat larut dalam air maka jika di buang minyak jelantah dapat mencemari lingkungan dan apabila dipakai lagi untuk memasak akan berpotensi menghasilkan lemak jenuh pada makanan yang dapat  mengganggu kesehatan manusia. Nah ada pilihan lain lagi selain dibuang atau digunakan kembali untuk memasak yaitu memanfaatkan minyak jelantah sebagai bahan bakar untuk memasak. Daripada dibuang atau digunakan lagi akan lebih bermanfaat jika minyak jelantah digunakan sebagai bahan bakar pada kompor minyak. Kompor minyak berbahan bakar jelantah tidak berbeda dengan kompor minyak berbahan bakar minyak tanah. Minyak jelantah tinggal dimasukan ke bagian bawah kompor maka sumbu kompor akan menyerap minyak tersebut. Daya kapilaritas sumbu kompor tersebut dapat menghantarkan panas maka apabila api dipercikan pada sumbu kompor tersebut, kompor akan menyala dan kegiatan memasak dapat dilakukan.

Penggunaan minyak jelantah sebagai bahan bakar kompor minyak memiliki banyak Keuntungan. Minyak jelantah sebagai bahan bakar untuk memasak  sangat minim terjadi ledakan, tidak seperti pada kompor gas atau kompor minyak tanah yang berisiko terjadi ledakan jika pemakaiannya kurang hati- hati. Minyak jelantah memiliki keseimbangan karbondioksida netral sehingga tidak memungkinkan untuk meledak.  Kompor berbahan bakar minyak jelantah sangat ramah lingkungan karena tidak mengeluarkan asap buangan ketika melakukan pembakaran. Jika dibandingkan dengan kompor minyak tanah atau gas, kompor yang menngunakan bahan bakar minyak jelantah lebih hemat pemakaiannya selain itu harga minyak jelantah jauh lebih murah dibandingkan dengan harga minyak tanah dan gas LPG, Selain memanfaatkan limbah minyak jelantah sendiri kita juga  bisa membeli minyak jelantah pada pedagang gorengan. Menggunakan kompor berbahan bakar minyak jelantah lebih aman, dan lebih mudah penggunaannya, dan minyak jelantah merupakan sumberdaya yang dapat diperbaharui, keberadaannya dapat terjamin

Nah demikian cara alternatif yang dapat kita lakukan untuk mengantisipasi habisnya bahan bakar gas alam atau langka nya pasokan gas LPG di pasaran. kita bisa menjajal minyak jelantah sebagai bahan bakar yang dapat kita gunakan untuk memasak. Minyak jelantah keberadaannya sangat melimpah kita bisa dengan mudah mendapatkannya di lingkungan sekitar kita. Dengan menggunakan minyak jelantah sebagai bahan bakar untuk memasak memiliki dampak positif seperti lingkungan terhindar dari polusi udara, minim ledakan, lebih hemat pemakaiaanya dan harga minyak jelantah relatif lebih murah disbanding minyak tanah atau gas LPG.

Penulis Opini : Restu Kurnia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *